Halo sobat travelers, gimana nih liburannya? Pasti seru kan? Kali ini saya bakal menunjukkan wisata alami di bumi Banten. Kalau kita mendengar kata “Banten” apa yang sekilas kita ketahui tentang banten? Tentunya tidak jauh dengan sejarah pelabuhannya sebagai salah satu tempat yang pertama di datangi Belanda pada masa penjajahan untuk mencari rempah – rempah bukan?

Pada kesempatan kali ini, saya ingin menceritakan pengalaman pribadi saya ketika touring menggunakan sepeda motor meng-explore Banten dan mengunjungi salah satu spot yang menjadi andalan para wisatawan yang ingin berlibur. Sebelum masuk ke dalam spot wisata tersebut. Pernahkan kalian mengunjungi provinsi Banten? Pastinya kalian nggak asing dengan Pantai Anyer yang mempesona bukan. Selain ke Pantai Anyer, kalian sudah pergi ke daerah mana saja? Tangerang? Balaraja? Cikande? Pandeglang? Rangkas Bitung?

Ya, Pandeglang. Salah satu kabupaten yang berada di provinsi paling barat pulau Jawa ini menjadi pilihan destinasi saya pada liburan kali ini untuk traveling dan meng-explore spot wisata yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Tetapi selain itu, Pandeglang pun terkenal akan kekayaan alam dan keanakeragaman pilihan tempat wisatanya. Sebut saja Taman Nasional Ujung Kulon, Pulau Peucang, Pantai Tanjung Lesung, Pantai Carita, Pulau Oar, Curug Cikotak dan lain sebagainya.

Bicara soal Pandeglang, kali ini ada destinasi wisata yang sangat menarik, kalian pasti tau Green Canyon. Nggak hanya ada di Pangandaran kali ini saya akan memberitahu Green Canyon-nya Banten yang pastinya nggak akan kalah dengan Green Canyon yang lain.

Ya Curug Putri, nama asli dari Green Canyon-nya banten adalah Curug Putri. Curug putri yang saya kunjungi berada di Taman Hutan Rakyat (TAHURA) Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Spot wisata ini memang sangat banyak masyarakat yang tidak tahu, karena memang lokasinya yang sangat sulit dijangkau. Terlebih ketika saya datang setelah hujan, jalan bebatuan nan licin membuat saya sebagai pengemudi sepeda motor kewalahan untuk mengatur keseimbangan sepeda

motor saya. Selain lokasi yang sulit dijangkau, saya dibingungkan dengan adanya dua Curug Putri yaitu di lereng Gunung Pulosari dan di Taman Hutan Rakyat Carita. Alhasil pertanyaan demi pertanyaan saya tanyakan kepada travelers Banten, saya mengunjungi Curug Putri yang berada di TAHURA tepatnya di pesisir pantai Carita ini.

Source Google.com

Sesampainya di pesisir Pantai Carita, kalian harus teliti dan cerdik dalam menemukan pintu masuknya yang tidak besar. Berlebih saya hingga dua kali bolak – balik karena kelewatan hihihi. Ketika sudah masuk kedalam kalian harus menuju setengah puncak dari TAHURA ini, sampai kalian menemukan post untuk membayar tiket masuk. Tiket masuknya juga relatif murah, hanya mengeluarkan Rp 15.000 kalian sudah bisa masuk ke dalam destinasi wisata ini. Dan ketika sudah bayar karcis kalian jangan lupa mengunci kendaraan kalian, karena selanjutnya kalian harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer. Walaupun jauh, kalian tentu tidak merasa bosan karena indahnya alam yang masih segar dengan suara derasnya air sungai di tempat ini.

Awal spot menuju Green Canyon Banten

Walaupun namanya Curug, tapi disini sungainya juga tidak kalah indah dengan curugnya. Derasnya air sungai dan segarnya air membuat saya nggak mau pulang rasanya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sesampainya di tempat pemberhentian, kalian bersiap untuk memakai pelampung yang disediakan dengan membayar Rp 50.000. Dan jangan lupa, taruh barang kalian di tempat aman, Karena selanjutnya yaitu Green Canyon Banten

barang kalian di tinggalkan disini. Dan tidak jauh lagi kalian akan sampai di Green Canyon Banten. First impression saya ke spot ini sangatlah indah, dan sangat menantang bagi saya, ketika harus melewati beberapa trek yang terjal seperti hiking berlebih ketika saya kepleset karena sangatlah licin hihihi

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

So buat sobat travelers selalu hati – hati ya. Jika kalian bepergian dengan teman, teman kalian harus diperhatikan, jangan seperti saya yang ditinggal dengan teman saya . So jika kalian ingin tahu gimana keseruannya di Curug Putri ini, datanglah!

Peta TAHURA Pantai Carita

Untuk dapat sampai ke destinasi Curug Putri atau Green Canyon Banten ini, kita bisa lalui

1. Jakarta-Tangerang-Serang-Pandeglang-Carita

2. Jakarta-Tangerang-Serang-Cilegon-Anyer-Carita

3. Jakarta-Tangerang-Rangkasbitung-Pandeglang-Carita

Jadi tunggu apa lagi?

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.